Perkuliahan 4 (5-11 Oktober 2020).
Keamanan Sistem Komputer C31040319.
WEB BROWSER DAN SISTEM WEB.
Sesuai namanya, Web Browser dapat diartikan sebagai sebuah software pada suatu perangkat yang digunakan untuk mem-browsing atau menjelajahi web internet atau WWW (World Wide Web). Dengan Web Browser, used dapat mengakses segala bentuk konten yang tersedia di internet, jika dapat dijangkau. Contoh Web Browser adalah Google Chromse, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan lain sebagainya.
Sesuai dengan pengertiannya, Web Browser merupakan sebuah software/aplikasi, oleh karena itu, suatu web browser harus terlebih dahulu terinstall pada sebuah device. Setelah itu user dapat memasukkan website yang ingin diakses. Web Browser akan bekerja dan mengambil data dari website yang dituju, yaitu biasanya berupa kode HTML. Selanjutnya browser akan diarahkan ke halaman yang dituju.
JENIS-JENIS WEBSITE.
Berdasarkan Sifat.
1. Website Statis.
Merupakan website yang kontennya konstan atau tidak berubah. Setiap laman dibuat dengan kode HTML dan menunjukkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung.
2. Website Dinamis.
Merupakan website yang kontennya diupdate secara berkala. Website jenis ini menampilkan kontennya dari database yang biasanya hanya bisa diakses oleh webmaster atau developer.
Berdasarkan Platform.
1. CMS.
Merupakan perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten digital.
2. Website Builder.
Merupakan platform yang membantu user untuk membuat website dengan cepat, tanpa memahami coding atau kemampuan desain sama sekali.
3. HTML dan CSS.
Merupakan platform yang membantu use untuk membuat website yang memerlukan pengetahuan coding dan pemrograman menggunaan HTML dan CSS.
BERDASARKAN FUNGSI.
1. Blog atau Website Pribadi.
Merupakan Website yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk membuat sebuah tulisan dengan bentuk jurnal yang dapat diakses oleh orang lain secara online.
2. E-Commerce.
Merupakan Website yang digunakan untuk berdagan secara online. Tedapat proses jual beli antara pedagang dan kostumer.
3. Website Perusahaan.
Merupakan Website yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk semua komunikasi ataupun transaksi yang menyangkut perusahaan tersebut.
4. Blog (Content Marketing).
Selain untuk website untuk membuat jurnal online, Blog juga dapat digunakan untuk content marketing. yaitu dengan mendatangkan trafik ke website toko online atau website persusahaan user melalui blog.
5. Organisasi atau Instansi Pemerintah.
Merupakan Website yang dimanfaatkan sebagai laman resmi organisasi. Agar masyarakat dapat berkomunikasi dengan organisasi tersebut dengan mudah.
6. Media Sharing.
Merupakan Website yang berguna sebagai media untuk membagikan media seperti gambar, musik, video, dan lain sebagainya dengan user-user lainnya di internet.
7. Komunitas Online.
Merupakan Website yang digunakan sebagai komunitas online.
8. Website Berita.
Merupakan Website yang bertujuan untuk menyebarkan dan menampilkan berita-berita terkini maupun yang sudah berlalu di internet agar masyarakat dapat mengakses informasi/berita lebih mudah dan efisien.
KOMPONEN WEBSITE.
1. Domain.
Merupakan alamat sebuah website yang digunakan untuk mengakses sebuah website dengan cara mengetikkan di browser yang ada di perangkat yang terkoneksi ke internet.
2. Hosting.
3. Server.
4. Data Center.
Merupakan tempat di mana terdapat banyak sever diletakkan dan di-online-kan di dalamnya ke seluruh dunia.
5. Control Panel.
6. CMS.
Merupakan software online untuk memasukkan, mengelola, dan mengembangkan data-data online website dengan cara penggunaan yang sangat mudah di mana tujuan dari diciptakannya CMS ini memang adalah untuk memudahkan user yang belum memahami kode-kode HTML, PHP, dan lain sebagainya.
ANCAMAN KEAMANAN WEB BROWSER DAN SISTEM WEB.
Bentuk Ancaman Keamanan Web Browser dan Sistem Web.
1. Hijacking.
Merupakan suatu kegiatan berusaha untuk mengakses sistem dengan menyusup ke dalamnya melalui sistem operasional lainnya yang dijalankan oleh hacker tersebut.
2. Session Hijacking.
Merupakan proses Hacking dengan mengambil alih session yang ada setelah proses autentifikasi berjalan dengan normal.
3. Juggernaut.
Merupakan software network sniffer yang juga dapat digunakan untuk melakukan TCP session hijacking.
4. Hunt.
Merupakan software untuk mendengarkan, mengintersepsi, dan mengambil-alih session yang sedang aktif pada sebuah network.
5. Replay.
Merupakan serangan pada jaringan di mana penyerang "mendengarkan" percakapan antara pengirim (AP) dan penerima (Client) seperti mengambil sebuah informasi yang bersifat rahasian seperti otentikasi, lalu hacker menggunakan informasi tersebut untuk berpura-pura menjadi Client yang ter-otentikasi.
6. Spyware.
Merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan user dalam melakukan penjelajahan internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna.
7. Cookies.
Merupakan serangkaian text yang dikirimkan oleh server ke penelajahan web yang kemudian akan mengirimkannya kembali tanpa diubah ke server setiap kali penjelajah web mengakses web tersebut.
8. Phishing.
Merupakan suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi atau kartu kredit dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti email atau pesan instan.
9. Pharming.
Dengan Pharming, para mafia internet menanamkan sebuah malware yang akan memanipulasi PC sehingga browser membelokkan pengguna ke website palsu walaupun user sudah memasukkan alamat website yang benar.
Cara Mengatasi Ancaman Keamanan Web Browser dan Sistem Web.
- Memasang anti-spyware pada web browser.
- Menghapus cookies pada web browser.
- Menolak semua cookies untuk masuk.
- Kenali tanda giveaway yang ada dalam email phishing.
- Menginstall software anti-phishing dan anti-pharming.
- Selalu mengupdate antivirus.
- Menginstall patch keamanan.
- Waspada terhadap email dan pesan instan yang tida diminta.
- Berhati-hati ketika login yang meminta hak akses administrator.
- Cermati selalu alamat URL yang ada di address bar.
Comments
Post a Comment